DAFTAR LENGKAP ARTIKEL SyahidaComputer

Windows berjalan sangat lambat adalah masalah klasik yang dihadapi banyak pengguna windows. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini, tentu saja bukan install windowsnya lho ..
Sebelumnya ini sangat penting sekali yaitu : BACKUP REGISTRY Windows anda. Supaya jika terjadi kesalahan, kita dapat mengembalikan ke pengaturan sebelumnya. Cara backup registry adalah Masuklah ke registry dengan cara : dari start > run > ketik regedit.Pada jendela regedit, klik kanan My Computer > export > pilih directory tempat menyimpan > beri nama file backup dan klik save. Selesai. Untuk mengembalikan registry, klik ganda file backup registry yang telah dibuat atau import dari registry editor.
Cara-cara optimalisasi booting dan startup windows :

  1. Kurangi beban startup.
    Apabila banyak program yang berjalan pada saat startup, maka akan dibutuhkan banyak waktu pula bagi windows untuk menjalankan program tersebut. Oleh karena itu sebaiknya matikan program yang dianggap tidak perlu untuk startup. Caranya mulai dari start > run > ketik " msconfig " (tanpa tanda kutip) > enter. Pada jendela system configuration utility pastikan tab startup dipilih. Hilangkan tanda chek (V) pada program yang ingin didisable. Klik OK. dan Restart Komputer.

  2. Matikan layanan yang tidak diperlukan

    1. Klik start > run > ketik services.msc > klik OK
    2. Setelah muncul jendela services, klik kanan program yang akan diubah pengaturannya, lalu klik [Properties]. Sebelum merubah pengaturan, baca dulu keterangan ang ada pada description untuk mengetahui status program tersebut dibutuhkan atau tidak. Untuk mengetahui hubungannya dengan program lain klik [Dependencies].
    3. Klik kolom startup types sehingga muncul 3 pilihan [Automatic], [Manual], dan [Disabled]. Pilih sesuai kebutuhan.
    4. Perlu diketahui ada beberapa program yang secara default dibutuhkan system. Seperti Event Log, Plug and Play, Remote Procedure Call (RPC), Windows Audio, dan Windows Management. Oleh karenanya jangan dirubah.
    5. Restart komputer.
      Untuk menghindari kesalahan, sebelum mengubah setting program, simpan dulu pengaturan standartnya. Caranya adalah klik [View] > [Add/Remove Columns Remove Description] > [status] > [Log On As] klik OK Ini dilakukan agar file *.txt yang disimpan tidak terlalu ruwet. Mengekspor daftar layanan dari menu [Action] > [Export list]. Simpan dalam file services.txt. Jika sewaktu-waktu ingin mengembalikan seperti semula tinggal melihat file services.txt yang telah disimpan.


  3. Aktifkan Fitur Hibernate.
    Klik [Start] > [Control Panel] > [Power Options], Klik tab [Hibernate] kemudian tandai checkbox [Enable Hibernation]. Klik OK.
  4. Hapus / kosongkan prefetch.
    Masuk ke C:\Windows\Prefetch. Pilih semua file dengan [Ctrl] + [A], kemudian tekan delete. Klik Yes.
  5. Optimalkan Boot Disk.

    1. Masuk ke Registry Editor
    2. Masuk ke : HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\BootOptimizeFunction. Pada string value [enable] ganti valuenya menjadi Y.
      tutup registry dan restart.



SELAMAT MENCOBA DAN SUKSES


FREEDOWNLOAD ADOBE PHOTOSHOP CS5 PORTABLE, VISIT HERE !!

2 komentar:

  1. Optimalkan Boot Disk.

    Masuk ke Registry Editor
    Masuk ke : HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\BootOptimizeFunction. PADA STRING VALUE [enable] ganti valuenya menjadi Y.
    tutup registry dan restart.
    itu maksudnya bikin string baru atau ganti yg default?

    ReplyDelete

 
Top