DAFTAR LENGKAP ARTIKEL SyahidaComputer

Tombol windows di keyboard umumnya ada dua buah, yaitu disebelah kiri dan kanan bagian bawah pada sebuah keyboard. Tombol Windows di keyboard mempunyai fungsi yang penting. Tombol windows selain digunakan untuk membuka menu start, juga bisa digunakan untuk membuka aplikasi-aplikasi / fitur-fitur di computer, bahkan aplikasi atau fitur tersebut telah disembunyikan. Karena kombinasi antara tombol windows dengan tombol yang lain di keyboard bisa membuka sebuah aplikasi atau fitur tertentu di computer. Saya sendiri lebih sering menggunakan kombinasi tombol windows untuk menjalankan suatu program daripada menggunakan mouse. Walaupun mouse tetap juga digunakan.


Meskipun demikian, bila saja anda ingin menonaktifkan tombol windows tersebut, bisa dilakukan dengan cara berikut ini :
  1. Masuk ke menu [Run] dengan menekan kombinasi tombol [windows] + [R]
  2. Ketikkan regedit kemudian tekan [enter].
  3. Setelah masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Keyboard Layout.

  4. Klik kanan mous pada bagian sebelah kanan jendela.
  5. Pilih New > Binary Value.
  6. Berilah nama Scancode Map, kemudian isilah value data tersebut dengan : 00 00 00 00 00 00 00 00 03 00 00 00 00 00 5B E0 00 00 5C E0 00 00 00 00, klik OK

  7. Tutup registry
  8. Restart atau Log Off computer.
Sekarang setelah tombol windows di tekan, tidak ada reaksi apa-apa pada computer anda.

Untuk mengembalikan kepada keadaan semula, tinggal hapus Binary value Scancode Map tadi.

FREEDOWNLOAD ADOBE PHOTOSHOP CS5 PORTABLE, VISIT HERE !!

31 komentar:

  1. Oooo begituuu ya,...Thank's dah ksih info nya, . ..

    ReplyDelete
  2. Kami hampir tidak pernah menggunakan tombol windows di keyboard tersebut. Kami lebih sering menggunakan mouse. Namun tutorial ini menjadi referensi bagi kami untuk mengenal lebih jauh tentang komputer. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. wogh...nice info neh...ijin coba...pinjem artikellnya y mas....
    klu bleh...

    ReplyDelete
  4. info yang bangus sekali, tap saya tidak pernah menggunakan tombol tersebut. ya tambah pengalaman baru

    ReplyDelete
  5. waha mampir mas...
    wah ternyata gampang yach caranya
    simpel dan mudah untuk dipraktekan..
    thanks sharingnya mas syahid
    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  6. @Dasetia, Herdoni, Muhaimin, Bunglon : Makasih Ya ...
    @ Olenk : boleh ajah ....

    ReplyDelete
  7. wah bagi gw tombol window itu penting bung...bisa buat shoutdown buru-buru tinggal window+U+U

    ReplyDelete
  8. tHanks tUtorialnya sObat.,,.

    ReplyDelete
  9. Wah langsung praktek gan.... Tx

    ReplyDelete
  10. ngopi artikel bro? www.autocamps.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. ow gitu caranya, tapi gak mau praktek ah takut gak bisa ngembalikannya, makasih yah infonya

    ReplyDelete
  12. boleh juga infonya siapa tahu entar kalau ada keyboard yang gak berfungsi tombol windowsnya, mungkin caranya harus dikembalikan gitu kali ya hehehe....

    ReplyDelete
  13. tutor yang bagus kawan, walaupun bagi saya pribadi tombol windows sangat berguna, tapi dengan adanya penjelasan ini, saya dapat memecahkan teka teki seorang kawan yang membuat saya kebingungan selama ini, gara2 tombol windows yang tidak berfungsi setelah dia mengutak atik komputer saya, dan dalam hitungan detik dia bisa mengembalikkan lagi fungsinya tanpa mau memberi tahu caranya...thanks friend..

    ReplyDelete
  14. Ikutan ya Sob.....Aku cuma mau nambahin aja klo ada sobat blogger yg punya Warnet sebaiknya ikutin saran Sobat Syahida buat nonaktifin tombol Windows...Soalnya aku pernah main di warnet gratis cuma manfaatin tombol Windows+tombol lain...bukan'y nipu sih cuma lagi terpaksa berhubung di Komunitas Hack pernah diajarin tak coba hhe......Keren Sob Tutor'y.....

    ReplyDelete
  15. Thanks tipsnya sob.....

    ReplyDelete
  16. @ all :
    Terima kasih banyak atas kehadirannya......

    ReplyDelete
  17. mampir disini tambah ilmu nih, makasih

    ReplyDelete
  18. terima kasih bro.. mau coba ah, kayaknya keren nie

    ReplyDelete
  19. wahhh kereenn nihh .. hehe ..

    tukeran link yukk gan ..

    viqidisini.blogspot.com

    balik again ..

    ReplyDelete
  20. oh begitu ya sob, makasih atas tipsnya. Salam

    ReplyDelete
  21. sob.. stlh g cek, ternyata yg ad cm default, scancode map ny ga ad.. tp tetp aj tombol windows ga berfungsi.. ad saran????

    ReplyDelete
  22. hemm,... help me,.. !!!

    laptop gw. . . . ko !! gak aktif tombol windowsx,. pdhl gw,. uda ngikutin jga,. lgkah" diatas,. tpi gak jdi,. :( do you have idea,. ?>?

    ReplyDelete
  23. gi mna cra ny sob,
    lptop sayakn windows 7 kok gak bsa di matikan ya tmbl star saya

    ReplyDelete
  24. jadi gini gan,, tombol start di laptop ane tiba2 gak berfungsi gan,, ane jga gak tau kenapa bisa,, pdahal ane baru2 aja pakai, ehh setelah beberapa menit,, ehh tiba2 gak aktif,, ane sudah restart laptop ane tapi tetap gak bisa di pakai tuh tombol start,, padahal ane terbiasa banget klo mau bukan RUN, atau mau buka explorer,, Pleasee bantuin Ane :'(

    ReplyDelete
  25. ane main game PB jadi ga bisa exit lagi gara" tombol windows, makasih nih gan ! ☺

    ReplyDelete
  26. Cara Nutup Register nya gmana gan..?

    ReplyDelete

 
Top