DAFTAR LENGKAP ARTIKEL SyahidaComputer

Setelah flashdisk menjamur bak buih dilautan dengan berbagai macam ukuran volume dan tingkat kecepatan aksesnya, telah hadir pula harddisk eksternal (harddisk portable) dengan kecepatan akses serta volume yang luar biasa besarnya, ada yang 250 GB dan bahkan ada yang sampai 2 TB ( wow !!!… ). Dari segi kepraktisan jangan ditanya lagi, kita bisa membawa beribu-ribu file kemana-mana hanya dalam satu HD. Untuk bisa memiliki harddisk eksternal tersebut tentunya kita harus merogoh kocek lebih dalam karena memang harganya lebih mahal (tergantung merek juga sih ...). Untuk masalah harga silahkan cek sendiri di toko computer kesayangan anda. Pasti akan sangat bervariasi.

Disini saya tidak membahas tentang harddisk eksternal, tetapi akan dibahas bagaimana harddisk internal yang ada pada pc bisa digunakan menjadi harddisk eksternal atau harddisk portable yang bisa dibawa kemana-mana dan dipergunakan tanpa memasangkannya didalam pc, tetapi cukup dengan menggunakan colokan usb. Tentu saja tidak akan menggunakan software apapun, karena tidak ada kaitannya. Pun juga tidak merubah shocket yang ada pada harddisk. Tetapi dengan menggunakan kabel data tambahan, yaitu USB 2.0 TO SATA IDE CABLE atau bisa juga disebut dengan SATA/ IDE CABLE TO USB CONVERTER. Perangkat tambahan ini berfungsi menghubungkan harddisk dari koneksi dengan type sata maupun IDE menjadi koneksi USB. Kabel data ini bisa anda beli di toko-toko computer, yang untuk saat ini (tanggal postingan) harga berkisar kira-kira Rp. 65.000,-. USB 2.0 TO SATA IDE CABLE ini bisa juga digunakan untuk menghubungkan cd / dvd rom dengan computer maupun laptop atau netbook. Hal ini tentunya sangat membantu bagi pengguna netbook / laptop yang tidak terdapat cd/dvd rom-nya untuk melakukan install windows maupun membuka file yang berasal dari keping cd atau dvd.


Nah bagi sahabat yang punya harddisk yang tidak terpakai atau ingin menambah kapasitas volume disk dikomputer, atau kalau sahabat membutuhkan banyak file yang harus dibawa, USB 2.0 TO SATA IDE CABLE bisa menjadi salah satu alternative untuk dicoba.

Saran : dalam menggunakan harddisk eksternal ini hendaknya posisi harddisk dalam keadaan datar dan ditempat yang aman untuk menjaga biar tetap awet.


FREEDOWNLOAD ADOBE PHOTOSHOP CS5 PORTABLE, VISIT HERE !!

115 komentar:

  1. Thanks atas sharing nya. salam kenal

    ReplyDelete
  2. mantaaaab.... beneran nih jd pengen beli kabelnya, soalnya klo beli ext HD pasti lebih mahal dr int HD wakwak

    ReplyDelete
  3. wah ..mamtab ne infonya...
    kira kira berapa ya harga kabelnya bang ..

    ReplyDelete
  4. info yang menarik dan baru denger nih sahabat ... makasih sudah berbagi. Salam

    ReplyDelete
  5. Info yang sangat bermanfaat...
    bisa segera dicoba :D

    ReplyDelete
  6. Wah ugal-ugalan gan
    hd kok bisa sampai ada yang 25
    GB.
    Asli mak nyus tenan jika memiliki hikz hik

    ReplyDelete
  7. Solusi yang bagus untuk banyak user komputer. Khususnya yang memiliki hard disk internal. Daripada beli HD portable yang mahal, mending kabel saja yang 65 ribuan.

    Salam ukhuwah

    ReplyDelete
  8. Perlu dicoba. Kalau mengandalkan flash disc seringkali gak cukup.

    ReplyDelete
  9. Yg ini kesukaan my hubby, alias misua. Tnx dah share teman.....

    ReplyDelete
  10. oh harganya 65 rb toh,emm boleh jg sob,caranya lebih gampang lagi. tp HDD tetep butuh listrik kl mau idup,hehee...
    kan kl cd/dvd rom ga,tinggal colok usb aja ya mas!!!

    thanks infonya..

    ReplyDelete
  11. Nice Post Pak sangat bermanfaat sekali neeh terutama buwat Tembang Lawas yang masih awam soal dunia komputer

    ReplyDelete
  12. Wah akhirnya aku bisa baca2 lagi hhe...

    SSD emank lagi tenar Sob.... klo ditempat ane yg 20 GB 500 Rb Sob....ya lebih gede dari FD spacenya cuma ya lebih praktis FD hhe....

    Semangat n happy blogging!!!

    ReplyDelete
  13. hardisk yg g detek kira2 datanya bisa diselamatkan g yah, mohon bantuan

    ReplyDelete
  14. Menarik mas, kebetulan memang saya lagi cari2 caranya. Btw tapi setahu saya ada satu cara lagi yaitu menggunakan socket/cover khusus, yang mengconvert hardisk internal jadi external. Kalau bisa itu juga mohon dibahas.

    ReplyDelete
  15. Rizky2009 : Hrddisk yang gak kedetek penyebabnya ada beberapa hal.
    karena harddisk sudah benar-benar rusak.
    Bisa juga karena kabel data IDE/SATA yang ke harddisk kendor/tidak pas. HAl ini ditandai dengan tidak bisa login ke windows. Untuk yang ini coba kabel datanya di pasang kembali dengan pas. Untuk data yang ada biasanya masih aman-aman saja dan bisa diakses ketika harddisk kedetek.
    Tapi klau harddisk sudah benar-benar rusak, apaboleh buat .. data juga ikut hilang alias tidak bisa diselamatkan. moga membantu

    ReplyDelete
  16. Manstab banget inpoh nya.. Baru tahu saya, makasih dah berbagi sob

    ReplyDelete
  17. lah.. begono toh caranya ..
    mantaf sob, artikelnya sangat berguna.. ijin save karena bakalan kepake ama saya..

    ReplyDelete
  18. waa... bisa make lagi hardisk 80 Gb ku yang nganggur nih :D btw kayake kabelnya gampang didapet ya Bro? kira-kira harganya berapaan? trims

    ReplyDelete
  19. keberadaan hardisk external memang punya banyak manfaat yang hebat, wah enaknya saya pake lagi ya mas hardisk² lama itung² buat nambahin kapasitas daripada ga dimanfaatkan hehe

    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  20. berari beneran dah g bisa di pakai, padahal kabel HDDnya saya belikan yg baru tetep aja g detek, saya coba dengan hdd lain mau detek, saya pernah baca iklan, penyelamat data hdd, misalnya, hdd g detek, terformat, terbakar dll, cuma saya lupa namanya, saya cari2 di internet g ketemu2, kalau ada info yg seperti itu tlg share yh sob, masalahnya HDD saya data2 penting bgt

    ReplyDelete
  21. met pagi Sob.. aku datang lagi.. ikutan nimbrung lagi ah.....kayanya HD emank paling Vital nie... soalnya aku sering kehilangan data penting nie gara2 HD ga beres.. makanya sekarang selalu aku Back up ke DVD semua data2ku.......

    emank biasanya penyebab yg paling sering terjadi apa aja toh Sob.. klo HD tau2 error... terus klo bunyi2 ga jelas knp tuh Sob...

    ReplyDelete
  22. wah hebat gan..

    thx infonya gan..

    ReplyDelete
  23. Rizky : Kalau harddisk terformat, mungkin datanya masih bisa diselamatkan. software untuk penyelamatan data banyak shob. Tapi mungkin ini yang perlu shobat rizky coba yaitu : getdataback atau recovermyfiles. Semoga data-datanya bisa kembali.

    Ferdinand : penyebab harddisk rusak mungkin lebih lengkap bisa dibaca di SINI

    ReplyDelete
  24. wah...dapat ilmu lagi dari sini...bagus nie postingannya

    ReplyDelete
  25. wow, tp aQ biasa pake USB 2.0 To IDE CABLE buat DVD Room jdkan portable sob, blm pnah coba klo hardiskx..

    ReplyDelete
  26. "Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"

    ReplyDelete
  27. cadas akhirnya gue tau juga, temen gue udah pernah juga nih cerita begini tapi kaga pernah dipraktekin sama gue. thx mas bos inonya ini dia yg dari dulu gue cari.

    ReplyDelete
  28. nggak cepat rusak ya klo digituin?

    ReplyDelete
  29. bang, ini masih tetep pake power supply kan? itu di gambar dipakein adaptornya laptop. kok sy baca blm ada penjelasan klo kudu ditambahin power supply. thanks.

    ReplyDelete
  30. kirra2 harganya berapa sob lebih mahal kabel convert usb ini atau box external hardisk..?saya masih pakai yg model box sihh

    ReplyDelete
  31. Mamak : Iya betul shob, tetap pake power supply. Jika beli kabel datanya itu sudah termasuk dalam satu paket.

    BAng Ipin : Sekarang harganya kisaran Rp. 65.000,-

    ReplyDelete
  32. Nggak terlalu mahal ya, tapi bank apa nggak cepat rusak HD nya?

    ReplyDelete
  33. triknya perlu di coba, postingan yang membantu

    ReplyDelete
  34. kebetulan aq baru beli nih sob...kucoba instal laptopku pake usb drive melalui dvd rom, krn dvd rom dilaptopku lg rusak sob, kenapa dvdnya ga detek saat install, bios dah kuatur gan...napa yah? mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  35. salam blogerrr
    tipsnya oke nih di coba....

    ReplyDelete
  36. trs kira2 msh harus pake kabel power ga bro?

    ReplyDelete
  37. wah asyik dong, hard diskku yang lama jadi ga mubadzir...
    alhamdulillah...

    tq...

    ReplyDelete
  38. Bagi teman - teman yang pernah mengalami harddisk rusak
    - no detect- partisi hilang- terformat- fdisk- virus- corrupt
    - delete- hidden..dll…..bisa dikonsultasikan atau di recovery data
    bisa datang ke ertech komputer.
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001
    Saya dulu pernah menyelamatkan harddisk no detek
    Disini memang benar ok banget.masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom dataku kembali normal.
    Semoga sukses.....teman2…!!

    ReplyDelete
  39. than's atas ifo nya sob boleh saya coba ... tapi yang jadi pikiran tuh gimana caranya kalo tanpa tambahan kabel ke aliran listrik biah simple tinggal colok gitu bang
    mohon share nya BRADER.... buak yang lain selamat bloging aja yang penting enjoy And tambah ilmunya....

    ReplyDelete
  40. mo tanya gw knapa pas pk PCB hardisk gw kbakar???

    ReplyDelete
  41. Q sdh mencoba Hardisk internal mjd eksternal, tp sering ngadat, kdg kabel USB nya error, sdh diutak-atik tetap aja pdhl usb conect.

    ReplyDelete
  42. kadang jumpernya ngaruh boss.....

    ReplyDelete
  43. daripada beli harddisk ekternal,,mending pake cara ini...

    ReplyDelete
  44. bagus lg d casing.,.jd kaya hd ext beneran hehehehe,.,makasih infony lam ken jg buat smuaaa,.,.,happy new year.,.

    ReplyDelete
  45. saya baru beli USB 2.0 TO SATA IDE CABLE.Saya pakai 4 hari terus menerus power supplynya terbakar. saya kembalikan ke toko tidak diganti padahal garansinya sebulan. saya beli lagi USB 2.0 TO SATA IDE CABLE saya pakai selama 5 menit poer supplynya sudah mulai panas. Karena jengkel sudah dua kali tetap mendapat barang yang sama, saya bongkar boxs power supply. Setelah saya bogkar saya pasang kipas power suplly PC dan saya arahkan hembusan kipas ke komponen power suppy yang saya buka tadi. Ternyata hasilnya memuaskan, saya jalankan selama 3 hari 3 malam tanpa berhenti tidak panas. Cuma masalah datang lagi dari kabel power suppy yang menuju ke cd rom. Sering ngandat. Saya ganti dari kabel power supply punya PC. Alhamdulilah lancar. Cuma timbul masalah lagi karena ada tambahan kipas menjadikan USB 2.0 TO SATA IDE CABLE tidak bisa mudah dibawa. Tolong mungkin ada yang bisa membantu saya./memeritahu alamat produsen USB 2.0 TO SATA IDE CABLE.

    ReplyDelete
  46. Mahmudalogy

    wah...apik ki...thanks yo..hehehee

    ReplyDelete
  47. OK....sid dech.....thank ya Bro......

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Pemuda Indonesia @ : Semua itu sudah satu paket ( tidak terpisah)

    ReplyDelete
  50. boz tuh hardisk khusus sata doank?

    ReplyDelete
  51. ambus : bukan cuma sata.. semua model harddisk bisa d tambahi kabel data itu.. klo d liat lebi jelas.. itu ada 3 colokan yg masing2 kegunaannya berbeda... tergantung model HDD qta..

    ReplyDelete
  52. Artikel yang bagus...
    Tapi ane punya tambahan pertanyaan...???
    Bagaimana caranya membuat USB 2.0 TO SATA IDE CABLE
    dengan abrang bekas atau komponen bekas....
    Biar ga usah merogoh kocek.hehehe....

    ReplyDelete
  53. ini buat HDD laptop atau PC gan?
    beda ny apa sih HDD laptop n PC?

    ReplyDelete
  54. Mas, tuh power suplynya blm 5 menit cpt amat panasnya....
    Bantuin donk.....

    ReplyDelete
  55. mau tanya, itu selain kabel sata butuh kabel ap lg y?
    digambar ad 2 kabel yg nyolok

    tengkyu

    ReplyDelete
  56. Ndoro,,,Powersuplyx cped pnas,,,mhon solusix...th's

    ReplyDelete
  57. soal jampernya gmana gan ?
    Krn mgkn pengaruh jg.
    Moga postingan brikutnya membahas tntg smua cara pmasangannya.
    Thanks gan. Moga ilmunya slalu nambah truss.. Amiin

    http://lager.pun.bz

    ReplyDelete
  58. saya punya USB 2.0 TO SATA IDE CABLE beserta adaptor dan kabel lainya ( komplit ) dalam satu dos dengan harga 100 ribu jika berminat kirim email hendroprasetiyo@gmail.com buruan tinggal satu

    ReplyDelete
  59. bgmn crx mngubah adaptor laptop spy pas dngan soket HD PC tersebut???

    ReplyDelete
  60. iseng2 register, dapet dollar loh... http://earn4invite.com/ref.php?page=act/ref&invcod=42678

    ReplyDelete
  61. wah, mantap tipsnya.. bisa dipraktekin nih

    ReplyDelete
  62. untuk mode seperti itu apakah bisa digunakan untuk booting?

    plus tolong kasih tau perkisaran harganya sekalian, lagih butuh neh

    terima kasih gan.

    ReplyDelete
  63. kak, tp punya ku kok gak bisa connect?? udah on tp gak ada icon atw semacamnya buat open hardisknya.. knp tuch?

    ReplyDelete
  64. sama kasusnya um, punyaku br beli juga gak kedetect harddisknya. Ak pake win 7. Kenapa ya?

    ReplyDelete
  65. Biasanya pada windows 7, drive yang masih kosong tidak nampak pada jendela windows explorer. Coba dulu deh cara di sini mungkin bisa membantu

    ReplyDelete
  66. terimakasih sharing infonya, saya memang lagi bingung. karena data saya udah ngabisin 2 lappie dan harus dipindah secepatnya. beli HD external kok rasanya berat ya..hehehe.. trims, saya akan coba cari SATA Cable tsb :)

    ReplyDelete
  67. ane pernah pake kabel tsb utk dvd drive,[ok sich], tapi pas digunakan utk hardisk jebol adaptornya

    ReplyDelete
  68. Sata cable compatible gag sma hdd internal netbook hp mini, soalnya netbook aku motherboard nya rusak gan, pengen selamatkan data di hdd aku aja.. mohon bantuannya gan n sis...

    ReplyDelete
  69. Gan,ni katanya kabel power supplynya cepet panas ya? Tu cara mengatasinya spy tdk cepet panas gmn ni? Ak mau beli juga soalnya..
    Makasih ..

    ReplyDelete
  70. Gan,ni katanya kabel power supplynya cepet panas ya? Tu cara mengatasinya spy tdk cepet panas gmn ni? Ak mau beli juga soalnya..
    Makasih ..

    ReplyDelete
  71. gan mau nanya kalo udah pake IDE CABLE TO USB CONVERTER harddisk internal bisa di pake untuk PS2 ga tanpa harus memakai Network Adapter.

    ReplyDelete
  72. gan klo harga adaptornya berapa ya?

    ReplyDelete
  73. informatif sekali karena selain jadi efisien buat kompi kita, kayaknya bisa buat ps juga ya?

    ReplyDelete
  74. kalo' HD barracuda seagate 40 gb bisa gak ya,,,,
    soalnya colokan cablenya beda,,,,
    tolong di bantu,,,
    email saya gan : killer.mylove@gmail.com
    terimakasih sebelumnya,,,,

    ReplyDelete
  75. nyesellllllllllllll g bs dipakai di win7

    ReplyDelete
  76. Nyesell banget saya baru beli dvd-rom external kemaren , harganya 350 rb ,.. kalo tau ginian dari dulu mah saya mendingan beli kabelnya aja hehehe

    ReplyDelete
  77. Itu bisa buat HDD Laptop ga ? soalnya di laptop kn lbh kecil, pa soketnya sama?

    ReplyDelete
  78. klo harddisk'y dibuat nnton film spt colok di usb tv lcd aman kan ya?

    ReplyDelete
  79. Klo hdd laptop gimana?klo benerin hdd di semarang dimana?

    ReplyDelete
  80. bro, itu yg buat power hardisk IDE nya adaptor darimana?sepaket ama perangkat converter itu ya?

    ReplyDelete
  81. murah banget gan, lumayan tuh gak sampe 100rb udah dapet HDD eksternal dari HD bekas

    ReplyDelete
  82. kalau hardisk internalnya laptop bagaimana gan?

    ReplyDelete
  83. cara masangnya gimana. nih soal nya aku pengen pasang buat instal HD ps2.

    ReplyDelete
  84. betul banget q dah nyoba n 100 sukses tapi jangan pake colokan E-Sata tapi pake Colokan Usb yang biasa di laptopnya ,karena laptop q da E-satanya eh gx jadi ,tapi pas di pindah ke USB yng lain sebelahnya baru jadi

    ReplyDelete
  85. kreatif sekali.. mantap gan... salam kenal

    ReplyDelete
  86. klo adaptornya pake adaptor khusus apa adaptor laptop?

    ReplyDelete
  87. Info yg sangat membantu...
    kebetulan laptop sy lg rusak nih, tp hardisknya msh bagus

    ReplyDelete
  88. kelemahannya adaptornya yg sering bikin konslet hardisk, saya dulu pernah menggunakan kabel sata tersebut dan hardisk saya 2 buah dg kapasitas 1tb di konsletkan, untuk hardisknya bisa di rma, jadi solusinya jangan pakai adaptornya tapi mending pakai power supply aja lbh aman.

    ReplyDelete
  89. kalo powernya yang jadi 1 sama kabel USB ada gak ??
    jadi tanpa adaptor gt ??

    ReplyDelete
  90. gan itu udah jadi satu set kah sama adaptornya....?

    ReplyDelete
  91. gan mau tanya itu kan kabelnya ada dua yang satu namanya apa?

    ow ya salam kenal gan

    ReplyDelete
  92. mantap... langsung cuss cari usb nya.

    ReplyDelete
  93. Misi gan, izin share ya...

    Asus X452EA-VX086D Graphic
    Price Rp 3.699.000

    Learn more about

    Resolusi : 1366 x 768 pixels
    Tipe Processor : AMD E-Series
    Nomor Processor : E2-3800
    Ukuran Memori (RAM) : 2 GB
    Ukuran Hard Drive : 500 GB
    Graphics coprocessor : ATI Radeon
    Tipe wireless : IEEE802.11a/b/g/n
    Jumlah USB 3.0 Ports : 1
    Ukuran Layar : 14.1 inches
    Resolusi Layar Maksimal : 720 pixels
    Processor cores : 2
    Kecepatan CPU : 1.3 GHz
    Kecepatan Memori : 1600 MHz
    Kecepatan Hard Drive : HDD(5400rpm)
    Jumlah USB 2.0 Ports : 2



    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  94. nggak pakek adaptor bisa nggak gan

    ReplyDelete
  95. Saya punya hardisk yg ada slot sata saja tanpa slot power seperti gambar diatas. Ada yg tau saya harus pake ide/sata usb yg punya power adaptor seperti apa? Tolong donk kasih tau merk atau modelnya seperti apa...

    ReplyDelete
  96. Biasa buat hardisk internal ata nggak?

    ReplyDelete
  97. alat tersebut bisa di cari dimana ya gan kira2

    ReplyDelete
  98. Notebook ane hd internalnya rusak skrg pake hd pc menggunakan rdriver lancar .os window 7

    ReplyDelete
  99. Mantap sekali ilmunya gan... terimakasih.

    ReplyDelete

 
Top