DAFTAR LENGKAP ARTIKEL SyahidaComputer

Pada beberapa waktu yang lalu saya dapat e-mail yang berisi sebuah pertanyaan mengenai permasalahan computer yang inti pertanyaannya adalah sebagai berikut :

" Kenapa kok proses services explorer.exe Usage CPUnya selalu 100% "



Karena belum pernah mengalami, maka coba-coba mencari penyelesaian permasalahan tersebut bersama dengan simbah gugel. Dari hasil pencarian penyelesaian masalah yang saya lakukan, ternyata hal tersebut disebabkan adanya gangguan di windows yang menyebabkan windows explorer membaca seluruh isi file AVI yang disebabkan oleh adanya masalah pada shmedia.dll. Dan cara untuk mengatasi hal tersebut adalah seperti dibawah ini :
  1. Masuk ke jendela regedit dengan mengetikkan regedit pada menu run kemudian tekan enter.
  2. Masuk pada HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{c5a40261-cd64-4ccf-84cb-c394da41d590}\InProcServer32
  3. Klik kanan pada InProcServer32 kemudian pilih Export dan save (hal ini digunakan untuk membackup file InProcServer32 dan bisa digunakan untuk mengembalikan kekondisi sebelum dirubah)
  4. Hapus key InProcServer32 ( hal ini dimaksudkan untuk mencegah windows explorer dalam menjalankan shmedia.dll )
  5. Tutup jendela tegistry editor
  6. Restart komputer.
Untuk trick diatas kemungkinan bisa saja tidak berhasil karena saya sendiri belum pernah mengalami dan belum mencoba sendiri secara langsung. Jika tidak berhasil kembalikan lagi regedit dengan backup yang telah dibuat tadi dengan cara klik ganda pada backup yang telah disimpan. Bisa juga dicoba dengan scan antivirus AVG dari Grisoft’s, atau menggunakan tools malware remover seperti Norman malware cleaner maupun Hijack this dan sebaiknya dilakukan pada kondisi SAFE MODE.

Bagi yang mengalami masalah seperti hal diatas, setelah mencoba trick tersebut, dimohon untuk memberikan pengalamannya pada kotak komentar dibawah, guna sebagai sumbang sih yang bermanfaat kepada pengguna computer yang mengalami problem yang sama.

Semoga bermanfaat…

Sebelum pamit, mau ucapin dulu SELAMAT ULANG TAHUN KE - 1 untuk Blog sahabat ASHTHO SOFTWARE EASY.
Semoga Blognya semakin sukses dan senantiasa bermanfaat bagi semua. Amin.

Photobucket



FREEDOWNLOAD ADOBE PHOTOSHOP CS5 PORTABLE, VISIT HERE !!

90 komentar:

  1. Saya juga belum pernah mengalaminya sob,,,, biasanya juga berkisar 15 - 20 % aja gak perna sampe 100, tapi buat jaga2 kedepannya sob, sempat dapt masalah seperti ini,,,,

    Thx sob atas ucapan selamatnya,,,,,

    ReplyDelete
  2. seperti biasa Pak ijin di-save dulu, suatu saat akan sangat berguna, salam

    ReplyDelete
  3. regedit memang serbaguna.. maturnuwun tipsnya.. mangtab tenan :D

    ReplyDelete
  4. saya datang ke tempat sahabat terbaik...ajib..sob..infonya...sekalian saya ijin post di blog saya tuk pembaca yang lain...

    sekalian buat pengunjung yang lain...bisa mampir ke blog saya tuk dapetin bebagai software PC termasuk game-gamenya...

    ReplyDelete
  5. sepakat dengan temen-temen di atas izin save dulu...
    suatu saat akan sangat berguna

    ReplyDelete
  6. wew mantabs lah nih postnya keren coy :)

    ReplyDelete
  7. mampir di sini sob....lama vakum......
    numpang ngerepotin nih......baru ganti mobo kok sekarang gak bisa di stand by kenapa ya? yang mati cuma monitor doang, thank's ya...

    ReplyDelete
  8. Salam, ijin save dulu yach kawan Syahida. Thnaks for share kawan. Salam kawan

    ReplyDelete
  9. Terimakasih infonya, kebetulan saya sering ngalami tuh....

    ReplyDelete
  10. Terima kasih banyak atas info dan tunjuk ajar... ianya telah membantu masalah saya..

    ReplyDelete
  11. Mas saya mau nanya, saya ada masalah di IP saya..tadinya saya jalankan IPswitcher saya edit, ternyata internet putus, setelah dibalikin tetap saya..karena terbacanya manual..padahal saya pilihnya otomatis. terima kasih sebelumnyua

    ReplyDelete
  12. Rahmatea, Emang bang kalau komputer di stand by yang mati monitornya aja ..... kalau mouse atau keyboard ditekan atau tekon tombol power, maka komputer akan nyala lagi termasuk monitornya.

    Kakak dan abel : Saya belum pernah pake ip switcher, jadi kurang tau persis mengenai ip switcher shob .... tapi saya juga akan coba cari tahu penyelesaiannya. tapi pernah dicoba atau belum, diuninstall dulu ip switchernya, trus diinstall lagi ...

    ReplyDelete
  13. hmm , saya belum pernah mengalami . . ,

    ijin saya simpan dulu ya sob trik-nya , siapa tahu utk kebutuhan ke depan . . ,

    terima kasih banyak ^_^

    ReplyDelete
  14. mampir lagi.....
    o...gitu ya, tapi dulu sebelum ganti mobo kalau di stand by kipas cpu semuanya mati dan lampu power berkedip kedip...thx's.

    ReplyDelete
  15. Maksud ane yaa seperti yang shobat bilang. cpu tinggal lampu power yang hidup. KAlau semuanya cpu masih on, coba aja pada pengaturan di power option dari control panel.

    ReplyDelete
  16. subhanallah.. sebuah ilmu yang bermanfaat.. like this :)

    ReplyDelete
  17. nah ini dia pak, yang saya tunggu dari anda... thanks artikelnya

    ReplyDelete
  18. wah ini bisa jadi solusi buat jaga-jaga nanti CPU ku mengalami masalah yang serupa..

    ReplyDelete
  19. THANKS YA!! artikel ini mujarab n bermanfaat bwt saya..

    saya jg barusan ngalami kondisi kayak gini,, trus saya googling akhirnya ktemu artikel ini deh ..

    ternyata beberapa file video bisa mnyebabkan windows explorer jd error,, tp sudah beres dgn cara ini. SIIIP !

    ReplyDelete
  20. kalo ana tidak bermasalah pada CPU usage mas. tapi pada memory. apakah normal win7 menghabiskan memory 500-600 MB padahal nggak ada satupun aplikasi yang terbuka?

    ReplyDelete
  21. thanks gan infonya semoga bermanfaat http://anangalfianblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. makasih pak it's work

    ReplyDelete
  23. kalau task manager error, ga mau di buka, malah muncul tulisan ( the instruction "0x00000056" referenced memory at "0x00000056". the memory could not be " written".
    Click on OK to terminate the program
    Clo CANCEL to debug the program )
    itu gimana ngatasin nya
    kalau tau, tolong kirim email ke aku ea
    iprascieh@yahoo.com

    ReplyDelete
  24. ayahmaaaaaa__________________

    trik nya ga berhasil, udah ku coba ikutin langkah-langkahnya, tapi ga ngefek juga !!!

    ReplyDelete
  25. thank infonya, udah tak coba tp g brhasil.dhapus bisa tp ttp aj CPU 100%

    ReplyDelete
  26. ga ngaruh, tetep aja 100%.
    diback up jg ga bisa..

    cannot import.. eror opening thr file

    ReplyDelete
  27. nice info gan, udah dicoba nih, hasilnya sama dengan diatas,... :'(

    ReplyDelete
  28. Wah.. saya mengalami itu juga.. tapi saya coba gak berhasil.. tapi thanks infonya...

    ReplyDelete
  29. terimakasih infonya,.. kasusnya sama seperti laptop saya,. saya coa dan berhasil,.. terimakasih.

    ReplyDelete
  30. gak berhasil, gw stuck di langkah ke 4
    bisakah di perinci lagi, klik kanan InProcServer32 > delete (gak bisa di delete) .. lalu di edit pun tak bisa
    pusing dah 2 minggu kayak gini.. botak kepala iniiii

    ReplyDelete
  31. trimakasih banget gan..
    semoga blognya tambah suksess...

    ReplyDelete
  32. laptop sya juga ngalamin yg kya gito..
    Penyebabnya sih karena anti virus yg mmproteksi seluruh pekerjaan kta di laptop.. saya off dlu real time protectionnya.. setelah itu laptop sya jd pulih seperti semula... tapi gak aman sih untuk perlindungan virus,
    ada cara lain gak yg bagus??????

    ReplyDelete
  33. om w udah test tuh cara tp ga pngaruh ko ya??? sosusi solusi sosusi om

    ReplyDelete
  34. Udah ane coba pake regedit seperti di atas tetep sama ja gan!

    ReplyDelete
  35. HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{c5a40261-cd64-4ccf-84cb-c394da41d590}\InProcServer32

    koq ga bsa nemuin CLSID ny yah,,??

    ReplyDelete
  36. koq ga bsa d hapus InProcServer32 ga bsa di delete,,,
    gmana dunk,,?

    ReplyDelete
  37. trima kasih gan..sgt2 mmbntu..

    ReplyDelete
  38. sembuhhhhhh gaannnnn.....suwuunnnnn.....!!!

    ReplyDelete
  39. di windows 7 gag ada gan, HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{c5a40261-cd64-4ccf-84cb-c394da41d590}\InProcServer32...

    untuk windows 7 gimana carax..?

    ReplyDelete
  40. mantap gan, udah ane cobae n sukses...
    hampir aja ane install ulang Laptop ane... :)

    ReplyDelete
  41. di cpu ane, tiap buka video atau hapus format .flv langsung keraj komp 100%.
    knp ya?

    ReplyDelete
  42. akh ga bisa di delet inproct na, gimana ni om??

    ReplyDelete
  43. sama pisan sama apa yang gua alamin ..
    makasih

    ReplyDelete
  44. gak bisa didelete tuh.... gw pake windows 7. ada cara lain?

    ReplyDelete
  45. saya coba dan berhasil... 100%.... pas buka file flv juga udah gak tinggi cpu used nya. thanks...

    ReplyDelete
  46. sementara ini tips yang anda berikan lumayan berefek besar buat pcsaya
    trims gan!!!

    ReplyDelete
  47. sya pake win 7
    dan gak bisa didelete registrynya
    ada sran kah??
    makasih

    ReplyDelete
  48. wah ane jga sma kyk gtu kasusnya..
    ni solusi dari ane untk windows 7 100% sukses
    yng mmbuat cpu usage brt tu krna bnyaknya video n aplikasi pemutar media yang bekerja di komputer, hapus beberapa..seperti vlc,k-lite dll, sorting aja yang perlu n tdk memberatkan, misal untk flv dibuka olh pemutar yang bersangktan klo ane pke TVC,bgtu pula extensi yang lain cari aja pemutar yang tidk memberatkan...jangan semua jenis extnsi video di putar dlm jns aplikasi yang sama..
    smoga sukses ...:D

    ReplyDelete
  49. http://blog-heruzzss.blogspot.com/ mampir ya....

    ReplyDelete
  50. Nambahin aja gan....!!!

    Khusus untuk kasus saya kemarin. Ternyata yang menyebabkan CPU usage tinggi adalah karena Kipas CPU saya yang ternyata sudah berdebu. Karena banyaknya debu yang melekat pada Kipas CPU ini, membuat angin dari kipas tidak lagi masuk kepada bagian processor dan mengakibatkan processor panas.

    Untuk mengatasi CPU Usage tinggi karena diakibatkan Kipas CPU yang berdebu, maka silahkan bersihkan kipas CPU anda, kemudian pasang kembali, dan silahkan mencoba kembali Komputernya, apakah CPU usage nya masih tinggi?

    NB : Saya pake Windows 7 dan..sukses ^__^

    Salam D.K.S.H , Fals Mania..
    ---> http://t.co/JYWIniwt

    ReplyDelete
  51. gak bisa diapus gan key InProcServer32 nya..jd gmn nih???

    ReplyDelete
  52. saya juga mengalami hal yang sama, tapi dengan cara d atas tidak berhasil..

    bisa di coba beberapa tips yang lain, terkadang beda laptop beda kondisi. FYI saya pake Win 7.

    http://titopoenyacrita.blogspot.com/2012/01/tips-mengatasi-cpu-usage-selalu-100.html


    makasih bang infonya

    ReplyDelete
  53. gaaa ngaruh juga tetep 100 %

    ReplyDelete
  54. maaf kalau saya agak beda msalhnya setiap buka program selalu naik CPU usage jadi 100% tapi low sudah ke buka programnya kembali normal... kira2 apa ya msalahnya? makasi sebelumnya

    ReplyDelete
  55. ane juga gitu bang HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{c5a40261-cd64-4ccf-84cb-c394da41d590}\InProcServer32 ga bisa di hapus cannot delete InPrServer32: Eror Deleting key terus bang .

    saran dong .
    tolong ya .

    ReplyDelete
  56. aku juga sering alamie kom teman ma sy punya...n ini sudah saya praktekin cuman gak berhasil di win7 masbrow...gak bisa di hapus tuh key yang dimaksud...sudah ganti atribut full control juga masih kaga bisa..klo ada tips lain bisa di share lgi gan..Thanks...(fingerprint89.blogspot.com)

    ReplyDelete
  57. ga bisa didelete, mohon pencerahan nya ?????

    ReplyDelete
  58. ga bisa didelete, mohon pencerahan nya ?????

    ReplyDelete
  59. ga bisa didelete, mohon pencerahan nya ?????

    ReplyDelete
  60. saya juga ngalami, sama , ga ngaruh, help//// makasih agan2

    ReplyDelete
  61. matursuwun ya kang ..... leppy ane dah normal kembali... percobaan di atas berhasil.........

    ReplyDelete
  62. ini gannn salah satu solusi problem ini..
    http://woooke.blogspot.com/2012/01/cara-mengatasi-masalah-cpu-usage-100.html

    ReplyDelete
  63. kk klo sya pake windows 7 gmn ya

    ReplyDelete
  64. ijinsave boz,buat materi pembelajaran,thankz

    ReplyDelete
  65. terima kasih banyak pak.. alhamdulilah ilmu anda sangat membantu saya.

    ReplyDelete
  66. thanks pak bos..
    tips nya berhasil :D

    ReplyDelete
  67. itu lihat grafik cpu usage punya agan history masih naik-turun (bisa dianggap normal / gak perlu dibahaslah) lha ini kasusnya grafik garis lurus 100% terus, dan bukan masalah softwarenya, diinstal ulang selalu hang pas restart (akhirnya matikan paksa trus lanjut proses instal sampai selesai), setelah windows selesai instal, langsung cek cpu usage tetap aja garis lurus 100%, yang rusak apanya?

    ReplyDelete
  68. sama juga saya begitu juga bang kayak kata anonymous
    knapa kok bisa giu bang mohon penjelasanya..bang

    ReplyDelete
  69. Gini aja dah ane ada 1 cara yg keberhasilan nya 80% jamin ane pake progam registry repair search google versi brapa aja oh ya thx blog nya ya meskipun nda bisa tp ini pengalaman ane Selamat Mencoba Semoga Beruntung

    ReplyDelete
  70. Cara d atas gag bs gan, . .
    Saat ini sya lg brmsalah am CPU usage ny. . .

    ReplyDelete
  71. setelah saya mencoba trik tersebut dan akhirnya berhasil juga, terimakasih Gan :D

    ReplyDelete
  72. tipsnya sangat membantu, terima kasih

    ReplyDelete
  73. klo cursor loading terus kenapa tuh gan??hingga desktop on terus n screen saver kaga maen padahal ud masuk setting(2 min)...
    cpu meter juga klo abis buka program malas untuk turun lagi...
    apalagi klo maen games (we8 atau pes6) suka mati sendiri lepy ane karena kepanasan...

    ReplyDelete
  74. kalau komputer ana pernah ngalamin tuh mentog di nomor seratus terus terusan , dan kalo make buat muter lagu atau vidio pasti 100% atau bahkan mati sendiri,

    entah kenapa saat diganti DDR3nya jadi normal kembali,

    yaa meski motherboardnya sempet diganti juga wakakam tapi prosesornya tetep sama kok

    ReplyDelete
  75. makasih sebelumnya gan. ane ngalamin 100% mendadak tapi pas lagi browsing. klo kondisi normal ndak.ijin save..

    ReplyDelete
  76. wowww
    terimakasih share postinganya
    sangat membantu sekalii gannn

    ReplyDelete
  77. gan laptop ane cuma buka crome aja cpu lamgsung 100% napa ya? ada saran?

    ReplyDelete

 
Top