DAFTAR LENGKAP ARTIKEL SyahidaComputer

Shobat ….. Kadang ketika kita membuka sebuah file dengan klik ganda, file tersebut terbuka dengan program yang tidak kita kehendaki .... Satu misal terdapat suatu file gambar. Ketika shobat buka ternyata langsung mengarah atau membuka dengan program “adobe photoshop”, padahal shobat mau membuka file tersebut dengan program “Windows picture and fax Viewer”. Ada beberapa cara agar setiap kita membuka sebuah file langsung menuju pada program yang kita maksud. Dengan kata lain menjadikannya sebagai program default pada file-file tertentu.

Jika hanya 1 (satu) file yang akan diatur, sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bisa dilakukan dengan menggunakan cara :

Klik kanan pada file yang akan dibuka > [open with] > [choose program] > pilih daftar program yang telah tersedia ( jika program yang diinginkan tidak ada, klik [browse] kemudian cari letak program dimana terinstall) > beri tanda centang pada “ Always use the selected program to open this kind of file “ > klik [OK].

Jika file yang akan diatur program standartnya lebih dari satu atau banyak file, caranya adalah sebagai berikut :
  1. Pada windows XP.

    • Buka windows explorer ( Windows + E )
    • Pada menu [Tools] pilih [folder options].
    • Pada jendela folder options yang muncul, pilih tab [File Types].
    • Pilih file yang akan diatur, kemudian klik [change].
    • Pada jendela open with,pilih salah satu program yang diinginkan ( jika program yang diinginkan tidak ada, klik [browse] kemudian cari letak program dimana terinstall).


    • Klik [OK].
    • Ulangi lagi pada Type File yang lain.

  2. Windows 7
    • Buka [control panel] > pilih [Programs]


    • Pada “ Default Programs” Klik menu dibawahnya yang berbunyi “Make a File Type always open in a specific program


    • Pada jendela yang muncul, klik file yang akan dirubah program standarnya, kemudian pilih [change program].


    • Pada jendela open with,pilih salah satu program yang diinginkan ( jika program yang diinginkan tidak ada, klik [browse] kemudian cari letak program dimana terinstall).


    • Klik [OK].
    • Ulangi lagi pada Type File yang lain.

FREEDOWNLOAD ADOBE PHOTOSHOP CS5 PORTABLE, VISIT HERE !!

15 komentar:

  1. klo install baru program drawing di pc semisal ACDC/photoshop, bila membuka file bukan lagi di windows viewer, terima kasih mas tutorialnya, izin bookmark mas.

    ReplyDelete
  2. memang benar sekali mas terkadang file yang kita lihat tidak terbuka pada programnya, biasanya saya juga pake open with mas
    ternyata kalo di setting seperti ini akan lebih efektif ya mas.
    saya coba dech..
    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  3. wah.. saya belum mengalaminya tuh, atau mungkin pernah ngalami cuma lupa kale yah. Thanks dah di share infonya! moga bermanfaat...

    ReplyDelete
  4. Wah bener bgt tuh Sob.....kadang aku juga kesel apalagi klo buka MP3 masuknya malah ke Windows media Player bukannya Winamp hhe........ya biasanya aku pake Opn with tapi klo tau caranya gtu aku ikutin dulu deh hhe...... makasih ya Sob...happy blogging!!!

    ReplyDelete
  5. kan kl di xp ada istilah default aplikasi.tp buat di xp ga diakomodir selain yang ada disanaa,akhirnya ane ngikutin cara mas nih,mantep jg.makasih ya mas!!

    ReplyDelete
  6. Hmm.... setelah uninstal photosop maka photoviewernya jadi hilang,,,,, browse juga gag ada... ada yang bisa bantu???

    ReplyDelete
  7. Kalo windows 7 perlu di restart dulu ga.?
    Soalnya dari cara-cara diatas belum berhasil kalo belum di restart. Apakah setelah direstart bisa berhasil. Saya belum nyoba..

    ReplyDelete
  8. kalau yang ingin di ubah file .rar gmna ya?

    ReplyDelete
  9. thanks informasinya gan,, ini sangat bermamfaat bagi ane,,

    ReplyDelete
  10. mau tanya,,, di netbook yang memakai Windows XP, di setting DISPLAY tidak ada pilihan 2 monitor menampilkan bersamaan (tinggal dipilih) supaya bisa ditampilkan di TV LED saya. Bagaimana caranya ya?
    Mohon bantuannya. Terimakasih.
    Eben

    ReplyDelete
  11. thanks banget gan :)

    ReplyDelete
  12. Terima kasih gan, ulasan ini yang lagi saya cari, saya udah instal picasa di windows xp, tapi tiap mau buka file foto JPG selalu diarahkan program bawaan windows xp

    ReplyDelete
  13. Gan, aplikasinya tidak muncul di Open With itu gimana gan?

    ReplyDelete
  14. Kalo kita buka file yg tersimpan di flesdis tiba tiba muncul tulisan seperti diatas gmn gan cara ngatasinya ..

    ReplyDelete
  15. Gan kalau untuk membuka otomatis file yang kadang nggak bisa kebaca dan harus terus melalui open with yang ribet(exp : setiap kali kita mau buka filenya, harus inget" format file dulu dan harus melalui pilihan "browser") adakah cara mengatasinya yang ringkas atau aplikasi yang bisa di instal? khususnya di Windows 7

    ReplyDelete

 
Top