DAFTAR LENGKAP ARTIKEL SyahidaComputer

Hibernate adalah salah satu fitur windows yang berfungsi menampilkan kembali program yang dijalankan terakhir kali saat komputer shutdown atau mati pada saat komputer dinyalakan. Dengan mengaktifkan fitur hibernate, akan sangat membantu user dalam melakukan pekerjaannya. Program-program yang masih dibuka dan dijalankan pada saat komputer dishutdown atau mati karena listrik padam, maka saat booting atau komputer dijalankan maka program yang terakhir dibuka tadi akan langsung muncul lengkap seperti pada saat komputer dimatikan. Hal tersebut akan sangat membantu ketika user sedang mengetik, namun karena suatu hal komputer mati mendadak maka ketikan tadi tidak akan hilang dan akan muncul saat komputer dinyalakan lagi. Hal ini berbeda dengan jika fitur hibernate didisable, maka ketikan yang terakhir yang belum sempat di save akan hilang, sehingga harus mengetik ulang kembali. Hal ini dikarenakan aktivitas komputer sebelum komputer shutdown akan disimpan di harddisk pada system bukan di memory. Tepatnya pada file system hiberfil.sys yang besar volumenya hampir sama dengan besar volume memory. File hiberfil.sys ini biasanya terletak di C:\hiberfil.sys.


Jika fitur hibernate ini diaktifkan, maka system akan membuat file hiberfil.sys tersebut. Jadi jika shobat ingin menghapus file hiberfil.sys ini dapat dilakukan dengan menonaktifkan fitur hibernate. Dengan menonaktifkan hibernate, secara otomatis file hiberfil.sys akan terhapus, dengan demikian ruang volume di partisi C:\ akan menjadi lebih lapang atau bertambah. Dengan bertambahnya ruang volume di harddisk, maka kinerja komputer juga akan menjadi lebih cepat.

Untuk menonaktifkan fitur hibernate dapat dilakukan dengan cara dibawah ini :
Tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan cmd dan tekan enter untuk membuka command prompt.
Ketikkan perintah “ powercfg –h off “ dan tekan enter untuk menonaktifkan hibernate.
Ketikkan perintah “ powercfg –h on “ dan tekan enter untuk mengaktifkan hibernate.




Cara lain yang dapat dilakukan untuk mematikan hibernate pada windows xp adalah :
  • Buka control panel kemudian pilih power options
  • Pilih tab hibernate, kemudian hilangkan tanda centang pada enable hibernation
  • Klik OK
  • Untuk enable hibernate, hanya tinggal memberi tanda centang pada enable hibernation.
Coba shobat perhatikan perbedaan besar ruang free disk space pada partisi C (partisi tempat system terinstall) antara enable hibernate dan disable hibernate, adakah perbedaannya ????!!

FREEDOWNLOAD ADOBE PHOTOSHOP CS5 PORTABLE, VISIT HERE !!

12 komentar:

  1. hooo gitu ya....


    jadi klo di delete....ndak bisa hibernate lagi dong...

    ReplyDelete
  2. trims infonya ... :)

    ReplyDelete
  3. thx gan, sangat bermanfaat sekali infonya ;)

    ReplyDelete
  4. makasih mas, untung juga lepinya pakek hibernate.,.,.

    ReplyDelete
  5. Trimakasih!posting yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Cocok sekali untuk saya yang kadang lama meninggalkan laptop tapi tidak mau ketinggalan aplikasi yang sudah dibuka :D

    ReplyDelete
  7. udah bisa kak, tapi baru sebentar muncul udah hilang agi.... :'(

    ReplyDelete
  8. teman - teman kesulitan untuk belajar komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, ilmu komputer, AutoCad 2 Dimensi, master Animator, After Effect

    ReplyDelete
  9. hibernate aktif > sisa ruang kosong di hard disk jadi lebih sedikit > kinerja komputer jadi lambat?
    hibernate mati > sisa ruang kosong di hard disk bertambah longgar > kinerja lebih bagus?

    Kan ga cuman itu saja gan variabel yang menentukan bagus tidaknya kinerja. Yang jelas, hibernate itu akan membuat proses booting lebih cepat dibanding jika hibernate mati.

    ReplyDelete

 
Top